Trik Menyimpan Bumbu Penyedap Agar Tahan Lama

Trik Menyimpan Bumbu Penyedap Agar Tahan Lama

Untuk membuat masakan yang lezat, skill memasak saja tidak cukup. Diperlukan bumbu-bumbu tepat agar karakter makanan tersebut menjadi lebih kuat. Selain meracik bumbu penyedap dengan tepat, penyimpanan juga harus diperhatikan. Kesalahan banyak orang adalah tidak bisa menyimpan bahan tersebut sehingga menjadi apek. Rasa makanan pun menjadi kurang maksimal.

Pada kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips penyimpanan yang langsung bisa dipraktikkan sekarang juga. Dengan mengikuti tips berikut, diharapkan bumbu bisa tetap segar meskipun tidak digunakan selama beberapa hari. Silakan simak pembahasan berikut ini.

Cara Menyimpan Bumbu Agar Tetap Awet

  1. Hindari menyimpan secara berantakan

Kerapian di dapur adalah keharusan bagi semua orang. Selain agar nyaman dalam proses memasak, ternyata ini juga berpengaruh dalam keawetan bahan-bahan di dapur. Hal ini juga berlaku ketika menyimpan bumbu. Biasanya karena terlalu lelah memasak, banyak orang mengabaikan hal penting ini dan hanya asal merapikan saja. Jangan sampai Anda melakukan itu juga.

Setelah selesai memasak, pertama bersihkan sampah-sampah terlebih dahulu seperti kulit bawang, bungkus plastik, dan lain-lain. Kemudian, simpan bumbu-bumbu dapur dalam wadah khusus jika sudah memiliki. Selanjutnya, tata tempat penyimpanan di rak atau tempat lain. Hal ini nantinya juga akan mempermudah ketika akan memasak lagi.

  1. Simpan dalam keadaan utuh

Selanjutnya, akan lebih baik jika Anda menyimpan dalam keadaan utuh. Sebagai contoh, kemiri, adas manis, atau kayu manis akan lebih bertahan lama dalam kondisi utuh dibandingkan berbentuk bubuk. Hal tersebut dikarenakan pada proses penghalusan dapat membuat kandungan minyak atsiri menjadi rusak. Padahal minyak tersebut memberikan rasa yang khas. Haluskan hanya ketika ingin menggunakan saja.

  1. Menyimpan di wadah yang tepat

Wadah juga mempengaruhi seberapa lama bumbu dapat bertahan. Memang bahan ini bisa dibilang lebih tahan lama dibandingkan buah atau sayur. Akan tetapi, tanpa menggunakan wadah tepat, semakin lama kualitasnya juga pasti akan menurun. Untuk bahan seperti lengkuas, cabai, atau jahe bisa disimpan di wadah terbuka. Namun, jika berbentuk bubuk sebaiknya menggunakan wadah tertutup.

  1. Membeli sesuai kebutuhan

Membeli banyak bahan dalam satu waktu memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah Anda bisa memiliki banyak sekali pilihan saat memasak. Akan tetapi, apabila tidak semuanya langsung digunakan, maka kualitasnya juga akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, jika memungkinkan usahakan untuk membeli sesuai kebutuhan saja.

Itulah beberapa cara menyimpan bumbu penyedap di dapur dengan baik. Jika memang kesulitan atau merasa repot melakukan hal tersebut, Anda bisa memilih bumbu instan seperti Maggi Magic Lezat Ayam ataupun Maggi Saus Tiram. Karena berbentuk kemasan instan, tentu ini jauh lebih praktis dalam penyimpanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.