Mengenal Bagian-Bagian dan Fungsi Kerongkongan Pada Tubuh

Mengenal Bagian-Bagian dan Fungsi Kerongkongan Pada Tubuh

Kerongkongan merupakan salah satu organ pencernaan yang cukup vital pada tubuh. Pasalnya, organ ini berperan sebagai saluran makanan dari mulut ke lambung. Panjangnya sekitar 21 cm, terhitung dari batang tenggorok hingga atas lambung. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang apa saja bagian serta fungsi kerongkongan. Silakan simak pembahasan berikut ini.

Bagian-bagian Kerongkongan

  1. Epiglotis

Di bagian paling awal, terdapat bagian bernama epiglotis. Epiglotis memiliki peran sebagai katup antara jalur pernapasan dan pencernaan.

  1. Esofagus

Bagian berikutnya adalah esofagus. Esofagus merupakan lapisan otot. Secara struktur, lapisan ini sama seperti yang terdapat pada usus maupun lambung. Esofagus terdiri dari beberapa lapisan seperti adventitia, dinding otot, submukosa, dan mukosa.

  1. Sfingter

Terakhir adalah sfingter. Sfingter berbentuk seperti cincin. Cincin ini kemudian bisa membuka dan menutup. Ada dua jenis dari bagian ini, yakni sfingter bawah terletak pada pertemuan kerongkongan serta lambung atas dan sfingter atas terletak pada pertemuan tenggorokan penghubung hidung serta mulut.

Fungsi Kerongkongan

  1. Menghasilkan gerak peristaltik

Gerak peristaltik merupakan gerakan yang dilakukan oleh otot kerongkongan guna mendorong makanan ke dalam lambung. Perlu diketahui, bahwa gerakan ini hanya bertujuan mendorong makanan saja, bukan untuk mencerna. Gerakan ini membutuhkan waktu sekitar 8 detik agar seluruh makanan mencapai ujung bawah kerongkongan. Saat peristaltik melewati kerongkongan, sfingter akan melemas sehingga makanan mampu masuk ke dalam lambung.

  1. Menutup jalur pernapasan ketika makan

Fungsi berikutnya adalah menutup jalur pernapasan ketika sedang makan maupun minum. Bagian epiglotis lah yang berperan dalam hal ini. Tujuannya adalah agar sari-sari makanan tidak masuk ke organ pernapasan. Ketika seseorang makan secara tenang, fungsi ini akan berjalan normal. Akan tetapi, ketika tergesa-gesa fungsinya mungkin akan terganggu sehingga menyebabkan tersedak.

  1. Mencegah benda asing masuk lambung

Ini adalah hal yang cukup penting, yakni mampu mencegah masuknya benda asing ke lambung. Pada dasarnya, kerongkongan adalah tempat ketika semua makanan ditelan. Akan tetapi, di bagian ini terdapat tiga area penyempitan sehingga benda asing akan tersangkut di kerongkongan. Dengan demikian, benda tersebut tidak akan langsung ke lambung dan menyebabkan gangguan kesehatan.

  1. Membantu menelan makanan

Meskipun terlihat sepele, namun proses dari pelumatan makanan di mulut hingga masuk ke lambung melewati berbagai proses cukup panjang. Pertama, organ akan membentuk bolus makanan terlebih dahulu dengan ukuran konsisten. Setelah itu sfingter akan menjaga bolus tetap dalam bentuknya saat menelan. Selanjutnya, otot-otot akan bekerja mendorong bolus hingga akhirnya menuju lambung.

Demikian penjelasan singkat tentang beberapa bagian serta fungsi kerongkongan. Bisa disimpulkan bahwa fungsinya sangat vital sehingga perlu dijaga sebaik mungkin karena apabila terjadi masalah pada organ tersebut, akibatnya akan berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.