Creating Shared Value Adalah dan pentingnya bagi masyarakat Modern

Creating Shared Value Adalah dan pentingnya bagi masyarakat Modern

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata CSV atau Creating Shared Value khususnya pada produksi Nestle. Creating shared value adalah suatu kebijakan dan proses teknis operasional yang mampu meningkatkan nilai-nilai kompetitif perusahaan dan secara bersamaan memajukan kondisi sosial dan ekonomi. Selain itu, menurut Porter dan Kramer, CSV ini merupakan semua keuntungan yang diperoleh tidaklah sama. Dengan kata lain, keuntungan yang didapatkan akan melibatkan nilai bersama (shared value) yang memungkinkan masyarakat untuk maju dan perusahaan akan tumbuh pesat. Dengan begitu, semuanya akan mendapatkan manfaat baik dari pihak perusahaan dan juga masyarakat sekitar.

Peran creating shared value

CSV ini memang memiliki peran yang cukup penting bagi masyarakat dan juga perusahaan karena mereka mampu memprediksi bahwa menggabungkan isu-isu sosial kedalam strategi dan operasi merupakan transformasi utama berikutnya dalam pemikiran manajemen. Oleh karena itu, creating shared value ini merupakan sebuah konsep pendekatan masyarakat yang mana setiap perusahaan harus membentuk suatu nilai ekonomi dan juga nilai sosial secara bersama-sama. Adapun peran bisnis yang ada dimasyarakat dan berkembang pesat melalui pendekatan yang berbeda dan memiliki tujuan yang berbeda. Oleh karena itu, perlu pendekatan philanthropy dengan melakukan sumbangan yang layak untuk tujuan sosial serta volunteering.

Pendekatan yang digunakan dalam CSV

Kaitannya CSV ini, maka memahami creating shared value adalah suatu hal yang wajib. Pendekatan yang digunakan pada CSV ini ada kaitannya dengan pendekatan philanthropy khususnya jika CSR (Corporate Social Responsibility) dengan menciptakan atau membangun citra perusahaan yang maka CSV ini akan mengintegrasikan isu dan tantangan masyarakat ke dalam penciptaan nilai ekonomi dan juga sosial. Selain itu, CSV juga akan membuka kebutuhan baru dan juga pasar baru serta konfigurasi rantai nilai baru. Cara berpikir baru dalam hal bisnis juga akan kita dapatkan disini yang mana hal itu akan menciptakan peluang baru untuk posisi strategis dan juga keunggulan kompetitif baru.

Selain itu, perusahaan juga harus memasukkan dimensi sosial dalam proposisi nilai mereka dan juga menambahkan dimensi sosial untuk membuat strategi menjadi lebih berkelanjutan untuk melawan kompetitor daripada biaya konvensional serta keunggulan kualitas. Perlu anda ketahui juga bahwa konsep CSV ini didasari pada ide adanya hubungan interdependen antara bisnisĀ  dan kesejahteraan sosial. Dalam hal ini Porter juga mengkritik bahwa selama ini bisnis dan kesejahteraan sosial selalu ditempatkan berseberangan.

Selain itu, creating shared value adalah hal yang harus dipahami oleh pebisnis yang mana pebisnis juga harus rela mengorbankan kesejahteraan sosial demi keuntungan semata. Dalam hal ini, misalnya dengan melakukan proses produksi yang tidak memperhatikan lingkungan atau menciptakan polusi. Selain itu, CSV juga akan menekankan adanya peluang untuk membangun keunggulan kompetitif dengan cara memasukan masalah sosial sebagai bahan pertimbangan utama dalam merancang strategi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.